Selasa, 05 Februari 2013

Penggunaan Metode Ceramah

Penggunaan Metode Ceramah

Pengertian Metode Cramah
Metode ceramah ialah suatu cara penyajian bahan pelajaran dengan melalui penuturan (penjelasan lisan) oleh guru kepada siswa. Metode ceramah bervariasi merupakan cara  penyampaian, penyajian bahan pelajaran dengan disertai macam-macam penggunaan metode pengajaran lain, seperti  tanya jawab dan diskusi terbatas, pemberian tugas dan sebagainya.


Alasan penggunaan:
  1. agar perhatian siswa tetap terarah selama penyajian berlangsung
  2. penyajian materi pelajaran sistimatis (tidak berbelit-belit)
  3. untuk merangsang siswa belajar aktif
  4. untuk memberikan feed back (balikan)
  5. untuk memberikan motivasi belajar
Tujuan
Metode ceramah digunakan dengan tujuan untuk:
  1. menyampaikan informasi atau materi pelajaran
  2. membangkitkan hasrat, minat, dan motivasi siswa untuk belajar
  3. memperjelas materi pelajaran
Manfaat
Metode ceramah dapat digunakan dalam hal:
  1. jumlah siswa cukup besar
  2. sebagai pengantar atau menyimpulkan materi yang telah dipelajari
  3. waktu yang tersedia terbatas, sedang materi yang disampaikan cukup banyak
Tujuan dan manfaat penggunaan metode ceramah dan ceramah bervariasi adalah untuk mengurangi kelemahan-kelemahan tersebut antara lain:
  1. siswa pasif, kegiatan belajar mengajar berpusat pada guru,  sehingga  mengurangi  daya kreativitas dan aktivitas siswa
  2. mudah menimbulkan salah tafsir, salah faham tentang istilah tertentu tanpa mengetahui artinya (verbalisme)
  3. melemahkan perhatian dan membosankan siswa, apabila ceramah diberikan dalam waktu yang cukup lama
  4. guru tidak segera memperoleh umpan balik tentang penguasaan materi yang disampaikan
Langkah-langkah penggunaan.
Langkah-langkah penggunaan metode ceramah bervariasi,disesuaikan dengan metode-metode yang dipakai sebagai variasi, contoh penggunaan metode tanya-jawab dan diskusi sebagai variasi:
1.Persiapan
  • merumuskan tujuan pembelajaran khusus (TPK)
  • menyusun urutan penyajian materi untuk mencapai tujuan pembelajaran khusus yang sudah ditetapkan
  • merumuskan materi ceramah secara garis besar
  • bila materi ceramah terlalu luas, dapat dibagi menjadi beberapa penggalan
  • disarankan materi ceramah diperbanyak untuk dimiliki tiap siswa
2.Pelaksanaan
  • menjelaskan kepada siswa tujuan pembelajaran khusus (TPK) yang ingin dicapai sesudah pelajaran berakhir
  • menjelaskan kepada siswa pelaksanaan metode ceramah bervariasi, misalnya: ceramah yang disertai dengan tanya jawab, diskusi kelompok kecil dan ditutup dengan laporan kelas.
  • membagikan materi ceramah kepada siswa
  • menyajikan materi ceramah
  • tanya jawab
  • guru mengkomunikasikan hal-hal yang harus didiskusikan  dalam  kelompok  kecil, waktu yang disediakan untuk diskusi
  • pembentukan kelompok kecil terdiri dari lima atau tujuh orang
  • pelaksanaan diskusi kelompok dalam batas waktuyang sudah ditetapkan
  • membuat kesepakatan satu kelompok untuk melaporkan dimuka kelas, kelompok-kelompok yang lain sebagai pengulas
  • penyampaian laporan kelompok-kelompok yang telah ditetapkan
  • mengatur jalannya pengulasan oleh kelompok-kelompok yang lain
  • diskusi kelas berakhir

0 komentar:

Posting Komentar